Bahasa Telepon dalam Lingkungan Kerja Berbahasa Jerman (2)

Date: 14/02/2021

Di bagian pertama dari tulisan ini, kita sudah mengetahui cara melakukan panggilan telepon menggunakan bahasa Jerman di sebuah lingkungan kerja berbahasa Jerman. Kali ini, kita akan berfokus pada bagaimana menerima telepon berbahasa Jerman.


Jika Kamu yang Ditelepon

Saat menerima sebuah panggilan telepon berbahasa Jerman, ingatlah susunan informasi berikut dengan baik dan ucapkanlah saat kamu mengangkat telepon:


Contoh:


Namun, bagaimana jika tiba-tiba telepon rekan kerja kamu yang berdering, sedangkan dia sedang tidak berada di kantor? Bagaimana kamu mengangkat telepon tersebut dan berbicara dalam bahasa Jerman? Tenang, jangan panik dulu. Kamu bisa menghafal kalimat berikut:


Lantas, bagaimana menanyakan kepada penelepon apa yang bisa kamu lakukan untuknya? Kamu bisa ucapkan kalimat-kalimat seperti ini:


Adakalanya, pihak penelepon juga menanyakan beberapa informasi penting yang tak pantas dan tidak seharusnya kamu katakan kepada orang asing, apalagi melalui sambungan telepon. Dalam situasi seperti ini, kamu bisa menjawab:



Menyambungkan Panggilan Telepon Berbahasa Jerman

Jika kamu ingin menyambungkan sebuah panggilan telepon ke orang yang ingin diajak bicara oleh penelepon, ucapkan kalimat berikut:



Menyampaikan/Meneruskan Pesan dengan bahasa Jerman

Bila sang penelepon tidak berhasil berbicara dengan orang yang dicarinya, tanyakanlah jika ada pesan yang dapat kamu sampaikan atau teruskan. Bila perlu, mintalah nomor telepon yang bisa dihubungi kembali. 


Jangan segan untuk menanyakan kembali jika ada yang tidak jelas, karena terkadang bukan kamu yang tidak memahami apa yang dikatakan pihak penelepon. Kemampuan bahasa Jerman kamu mungkin sudah bagus, tapi kualitas sinyal yang menjadi kendala di sini.



Mengakhiri Panggilan Telepon Menggunakan bahasa Jerman

Sebelum menutup sebuah panggilan telepon, sebutkan poin-poin penting apa saja yang telah kamu dan penelepon bicarakan. Ini sebagai pengantar sebelum mengakhiri panggilan telepon dalam kebiasaan penutur bahasa Jerman.