10 Kota Paling Layak Huni di Jerman 

Date: 23/11/2020

Tinggal dan bekerja di kota yang menawarkan kualitas hidup yang baik sungguh menjadi impian banyak orang. Selain itu, bisa menikmati indahnya alam sekitar sesekali waktu, selalu merasa aman, dan tersedianya layanan kesehatan yang memadai merupakan idaman masyarakat di sebuah wilayah tertentu.


Nah, wilayah dan kota besar mana saja di Jerman yang memenuhi aspek-aspek penting tersebut? Dalam sebuah studi kualitas hidup yang dirilis das Institut Prognos für das Zweite Deutsch Fernsehen (ZDF) menunjukkan 10 kota yang menempati posisi tertinggi kota paling layak huni di Jerman dari 401 daerah dan kota yang disurvei. 


     München yang dilengkapi dengan taman nan indah - Englischer Garten - dan lebih kurang 70 museum serta Oktoberfest - agenda tahunan yang terkenal seantero jagat, begitu pula area pegunungan di sekelilingnya, mendaulat kota ini sebagai jawara kota paling layak huni di Jerman. Pasokan sinar matahari pada musim panas di atas rata-rata kota lain di Jerman juga menjadikan München sebagai primadona. Namun, tingginya biaya sewa hunian menempatkan kota ini pada posisi ke-400 dari 401 kota yang diikutsertakan dalam survei tersebut.


Di kota ini terdapat kampus tertua di Jerman. Heidelberg juga terkenal dengan peninggalan kastel dan bangunan gereja bergaya gotiknya. Tak lupa juga jembatan tua unik di atas sungai Neckar yang menjadi daya tarik utama para turis. Kota ini menempati tempat kedua untuk layanan kesehatan karena jumlah dokter yang banyak. Jumlah mahasiswa juga cukup banyak sehingga kerap disebut sebagai kota pelajar (Posisi 4). Angka putus sekolah di sini amat sedikit (Peringkat 1).


Di bagian selatan München, di daerah Starnberg terdapat 5 danau besar. Daya beli masyarakat di wilayah ini menempati posisi tertinggi (Peringkat 1). Penduduk di kawasan ini juga memiliki ketertarikan besar terhadap politik. Pada pemilihan anggota parlemen 2017 lalu (Bundestagswahl), tingkat partisipasi warganya menempati posisi teratas.


Potsdam terkenal dengan kastel-kastel dan aneka taman yang cantik. Schloss Sanssouci menjadi langganan latar pengambilan banyak film. Kota ini tak tertandingi dalam hal aktivitas di waktu luang dan alamnya sehingga menduduki nomor wahid untuk seluruh Jerman (Posisi 1).


Kota yang terletak di perbatasan antara Jerman dan Austria ini memiliki panorama pegunungan yang menakjubkan. Faktor ‘dekat dengan alam’ menjadikan daerah ini menduduki posisi pertama. Kawasan ini juga ramah turis, terbukti dengan beragam pilihan kuliner serta fasilitas bar dan restoran yang lengkap (Peringkat 2).


Daerah Administratif München menjadi kawasan penduduk terpadat negara bagian Bayern. Biaya hidup di daerah ini terkenal mahal. Ini tercermin dari posisi ke-374 dalam kaitannya dengan biaya sewa dan pendapatan serta harga properti yang sangat tinggi, sehingga membuat daerah ini menduduki peringkat 399.


Danau Tegernsee adalah ikon dari daerah ini. Kualitas airnya yang sudah berumur puluhan ribu tahun sangat baik sehingga menjadi daerah pemasok utama kebutuhan air minum kota München. Wilayah ini juga terkenal dengan biaya hidupnya yang tinggi. 


Daerah paling selatan Jerman ini terkenal dengan ngarai tercuram di kawasan Eropa Tengah yaitu die Breitachklamm. Tak heran jika kualitas udara di sini sangat baik yang menempatkan Oberallgäu pada posisi pertama untuk kategori tersebut.


Wilayah ini dilalui sungai Isar dan dilengkapi dengan salah satu kawasan alam liar yang masih terpelihara baik di Eropa. Dalam aspek kesehatan dan keamanan, Bad Tölz-Wolfratshausen meninggalkan seluruh kota dan wilayah di Jerman jauh di belakang (Peringkat 1).


        Tahukah kamu bahwa Albert Einstein dilahirkan di kota yang dijuluki sebagai Kota Universitas ini? Ulm juga dikenal karena Ulmer Münster, sebuah gereja Kristen Protestan dengan menara tertinggi yang melampaui menara-menara gereja lain di dunia. Partisipasi kaum perempuan dalam bidang politik di kota ini paling tinggi dibandingkan kota-kota lain di Jerman (Posisi 1).